Menu Home

Perbedaan Fungsi Bisnis dengan Menggunakan CRM

human-resources-concept-VJWTPYU.jpg

Pada umumnya CRM berfungsi di bidang penjualan dan pemasaran. Namun, selain itu CRM bisa digunakan pada bidang lainnya seperti layanan pelanggan, SDM, rantai pasokan dan manajemen mitra. Berikut ini adalah perbedaan fungsi bisnis dengan menggunakan CRM atau Customer Relation Management:

Tim Penjualan Bisa menggunakannya Untuk Memahami Jalur Penjualan dengan Baik

Manager penjualan dapat mengakses berbagai informasi yang bisa dipercaya tentang kemajuan dari masing-masing anggota tim dalam mencapai target penjualan mereka. Misalnya, dalam melihat seberapa bagus kinerja dari tim penjualan, produk, dan kampanye individu juga. Perwakilan penjualan bisa mendapatkan berbagai manfaat dari pengurangan admin, pemahaman yang lebih dalam tentang klien dan peluang untuk menghabiskan lebih banyak waktu penjualan dan lebih sedikit waktu untuk memasukkan data.

Tim Pemasaran Bisa Memanfaatkan CRM Untuk Membuat Perkiraan yang Lebih Sederhana dan Akurat

Apabila ada pelanggan yang mungkin mengajukan masalah di salah satu saluran, misalnya Twitter namun kemudian beralih ke email atau telepon atau obrolan langsung untuk menyelesaikan masalahnya secara pribadi. Maka tanpa adanya platform umum untuk interaksi pelanggan komunikasi ini bisa saja hilang dalam banyaknya informasi yang mengarah ke respon tidak memuaskan kepada pelanggan. Dengan CRM, tim layanan pelanggan bisa melacak saluran sehingga bisa membantu menanggapi keluhan yang diajukan oleh pelanggan sebagaimana mestinya.

Tim Manajemen Pengadaan dan Mitra Bisa Mengelola Hubungan Secara Lebih Baik

Hal ini karena tim management bisa lebih mudah melacak pertemuan dengan pemasok dan mitra, mencatat permintaan yang dibuat, menambah catatan yang penting, menjadwalkan tindak lanjut dan tetap di atas langkah-langkah berikutnya seperti yang diharapkan. Pelaporan ini akan berguna bagi perusahaan untuk membandingkan efisiensi pemasok dan mengelola seluruh rantai pasokan mereka secara lebih efektif.

Tim SDM Bisa Menggunakan CRM dalam Mempercepat Proses Rekrutmen dan Melacak Kinerja Karyawan

CRM ini bisa membantu fungsi dari SDM dengan cara mempercepat proses on-board, mengotomatiskan proses mengelola kandidat, menganalisa kebutuhan sumber daya dan mengidentifikasi kesenjangan keterampilan serta bisa mendukung pencapaian target retensi staf. Jadi pikirkanlah tentang nyamannya mengkonsolidasikan semua aliran data yang berasal dari tim penjualan, staf layanan pelanggan, pemasaran dan media sosial serta menerjemahkannya menjadi suatu informasi bisnis yang bisa ditindak lanjuti.

Platform CRM ini memungkinkan Anda untuk mengelola aliran informasi tersebut pada semua saluran tanpa kehilangan jejak.

Manfaatkan fasilitas FREE TRIAL untuk menikmati kemudahan layanan dari JASCLOUD. Hubungi marketing kami sekarang!

Call : 021-28565288

Email : sales@jasnita.co.id

human-resources-concept-VJWTPYU.jpg

Categories: CRM

Tagged as:

JASCLOUD