Menu Home

Apa Itu Sistem IVR?

Dunia bisnis menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dibahas. Ada banyak sekali elemen dalam bisnis yang bisa menimbulkan perdebatan antar pihak satu dengan pihak lain. Bahkan eksistensi dunia bisnis juga membuat semakin banyak teknologi baru yang ditemukan dan dikembankan. Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dalam dunia bisnis, maka Anda harus meluangkan waktu untuk mengikuti hingga meng-adaptasi berbagai perkembangan teknologi yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.

Sistem IVR untuk Bisnis

Mengaplikasikan suatu sistem ke dalam perusahaan atau bisnis yang Anda kelola harusnya masuk dalam rencana dasar pengembangan usaha. Penggunaan sistem yang tepat bisa memberikan dampak signifikan untuk bisnis Anda. Sistem IVR menjadi salah satu sistem yang populer digunakan oleh perusahaan.

IVR atau Interactive Voice Response merupakan suara otomatis untuk menjawab telepon, tetapi ia juga bisa dimanfaatkan dengan beberapa cara kreatif untuk keuntungan bisnis. Salah satu contoh kasus di mana perusahaan bisa memanfaatkan sistem IVR untuk bisnis dengan cara lain adalah dengan memanfaatkan fitur pengarahan ke divisi atau personel yang tepat.

Misalkan saja, perusahaan Anda bergerak di bidang restoran cepat saji. Di berbagai iklan yang dibuat di media, Anda hanya mencantumkan satu nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memesan makanan dari rumah. Mengingat restoran Anda tersedia di berbagai daerah di Indonesia, maka Anda bisa memanfaatkan sistem IVR untuk menerima panggilan telepon pelanggan yang akan memesan dan meneruskan panggilan tersebut pada cabang restoran yang searea dengan pelanggan tersebut.

Hal ini tentunya sangat efisien dan efektif bukan?

Menurut prediksi dari Global Industry Analysts Inc, berdasarkan permintaan dari perusahaan atau bisnis skala kecil hingga menengah, pasar global untuk sistem IVR mencapai angka $2.8 juta di tahun 2017. Angka ini tentu cukup fantastis apalagi subyek dalam prediksi ini adalah bisnis skala kecil hingga menengah saja.

Beberapa waktu belakangan ini mayoritas pelaku bisnis memang menggunakan suara profesional IVR untuk terkoneksi dengan pelanggan yang menghubungi mereka. Secara keseluruhan sistem IVR ini mampu meningkatkan kepuasan pelanggan karena ia tersedia selama 24/7. Penggunaan sistem IVR ini juga mampu memberikan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

 

Categories: CRM JasCloud Virtual Line

Tagged as:

JASCLOUD