Menu Home

Mengetahui 3 Aspek Utama Dalam Membangun Call Center untuk Bisnis E-commerce Anda

 

Saat ini penggunaan call center sebagai sebuah media dalam meningkatkan kepuasan pelanggan memang dirasa semakin penting. Hal ini karena layanan Call Center ini sendiri tidak hanya sebatas mampu memberikan berbagai kemudahan untuk para pelanggan dalam berhubungan dengan perusahaan. Namun layanan Call Center ini juga bisa digunakan sebagai sebuah pendongkrak revenue.

Dengan kata lain, call center yang awalnya hanya berupa cost center saja saat ini diarahkan menjadi profit center. Tak heran jika perkembangan dari Call Center ini kemudian dijadikan sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran oleh banyak sekali pemilik bisnis e-commerce. Meski begitu, call center ini sendiri tidak bisa dibangun secara asal-asalan, apalagi untuk bisnis e-commerce yang sangat mementingkan kepuasan pelanggan. Setidaknya ada tiga aspek utama yang harus anda perhatikan dalam membagun Call Center. Aspek-aspek tersebut diantaranya adalah:

  1. Sistem

Keefektifan sistem yang diaplikasikan haruslah dibuat dengan simple dan dapat mencakup keragaman kebutuhan serta keinginan dari para pelanggan. Sistem dan prosedur yang berbelit-beli malah akan melemahkan konsep dari Call Center yang menawarkan kepraktisan dan kecepatan.

  1. Agent

 Agent Call Center adalah para customer service representative yang bertugas untuk melayani dan berkomunikasi secara langsung dengan para pelanggan. Jadi kemampuan interpersonal dan intrapersonal dari para CSR akan sangat menentukan. Seperti yang kita tahu jika komunikasi lewat telepon membutuhkan keterampilan yang lebih jika dibandingkan dengan komunikasi tatap muka. Untuk itulah sebuah perusahaan dituntut untuk mampu menempatkan CSR yang terampil dan ahli dalam melayani pelanggan. Dengan begitu, CSR tersebut dapat menarik kepercayaan dan minat konsumen untuk membeli produk atau brand yang ditawarkan.

  1. Teknologi

Teknologi merupakan komitmen sebuah perusahaan pada Call Center. Teknologi dan besarnya investasi yang dilakukan oleh sebuah bisnis tentunya sangat bergantung dari visi bisnis e-commerce anda dalam membangun call centernya. Jadi tergantung pemanfaatan Call Center apakah nantinya akan digunakan sebagai sarana pendukung saja atau sebagai delivery channel dan image center.

Ketiga elemen tersebut adalah hal yang umumnya dijadikan patokan dalam melakukan pengukuran Call Center Service Excellence Index atau CCSEI yang setiap tahunnya akan dilakukan oleh CCSL (Care Center for Customer Satisfaction and Loyalty) yang berkerja sama dengan majalah marketing. Untuk itulah, apabila anda ingin membangun Call Center untuk bisnis e-commerce anda,  sesuai dengan CCSEI, maka pastikan anda memperhatikan ketiga aspek tersebut dalam proses pembangunanya, supaya semuanya dapat berjalan lancar.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai call center dalam penyajian call center di kantor Anda, Jasnita dapat memberikan pelayanan secara menyeluruh terkait dengan Call Center. Mulai dari nomor call center yang wajib menggunakan nomor dari Kominfo, portal call center, hardware, hingga SDM. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Sales Jasnita di sales@jasnita.co.id atau 14068.

 

 

Categories: contact center JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD