Menu Home

Cara Kerja Sistem Komunikasi Voip

VOIP Jascloud

 

Sebagai pengguna VoIP, tentaunya Anda pernah penasaran dengan cara kerja sistem komunikasi VoIP.  Untuk itulah, berikut ini kita akan membahas sistem kerja komunikasi Voip.

Prosedur Pengamatan Kerja Sistem Telekomunikasi:
1. Komunikasi bisa diawali dengan sebuah pesan atau informasi yang dikirimkan dari individu atau perangkat satu ke perangkat lainnya.
2. Pesan atau informasi tersebut kemudian dikonversikan dalam bentuk biner atau bit yang selanjutnya bit tersebut akan di encode menjadi sebuah sinyal. Proses ini biasanya akan terjadi pada perangkat encoder.
3. Selanjutnya sinyal tersebut akan dikirimkan atau dipancarkan lewat media yang sudah dipilih oleh transmitter.
4. Disini diperlukan media transmisi seperti radio, optic, tembaga dan lain sebagainya yang baik supaya gangguan selama disalurkan bisa dikurangi.
5. Jika sudah, sinyal tersebut lalu diterima oleh stasiun penerima.
6. Terakhir, sinyal tersebut akan didecode dalam format biner atau bit yang kemudian diubah kedalam pesan atau informasi asli supaya bisa dibaca atau didengar oleh perangkat penerima.

Prosedur Pengamatan Dalam Kerja Sistem Telekomunikasi yang Menggunakan Voip

1. Transmission Control Protocol

Transmission control protocol (TCP) adalah protocol yang menjaga reliabilitas hubungan komunikasi secara end to end. Konsep dasar dari cara kerja TCP ini adalah, mengirimkan dan menerima segmen-segmen informasi dengan menggunakan data panjang yang beraneka ragam, pada sebuah datagram internet. Dalam hubungannya dengan VoIP, TCP biasanya digunakan untuk menjadi setup sebuah panggilan pada sesi signaling. Jadi TCP tidak digunakan untuk mengirimkan data suara, karena pada komunikasi data VoIP penganganan data yang mengalami keterlambatan lebih penting daripada penanganan paket yang hilang.

2. User Data Protocol

User data proocl adalah salah satu protocol utama diatas IP, yang lebih simple jika dibandingkan dengan TCP. Protocol yang satu ini biasanya digunakan pada situasi yang tidak mementingkan mekanisme reliabilitas. UDP pada VoIP digunakan untuk pengirman audio streaming yang berlangsung secara terus menerus dan lebih mementingkan kecepatan pengirman data.

3. Internet Protocol

Internet Protocol memang didesain untuk interkoneksi sistem komunikasi komputer pada jaringan paket switched. Pada sebuah jaringan IP/TCP sebuah komputer di identifikasi dengan menggunakan alamat IP. Jadi tiap-tiap komputer mempunyai alamat IP yang terbilang unik dan berbeda satu sama lainnya. Terakhir protocol data aksen yang terhubung secara langsung dengan media fisik. Secara umum protocol ini bertugas untuk menangani pendeteksian kesalahan ketikan proses transfer data. Untuk komunikasi datanya, IP ini mengimplementasikan dua fungsi dasar yaitu addressing dan fragmentasi.

 

Categories: contact center JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD