Menu Home

Mengetahui 4 Fungsi VoIP yang Berbeda-beda

VoIP Jascloud

 

Perkembangan teknologi terbaru dengan adanya jaringan internet tentunya semakin memudahkan telekomunikasi. Hal ini kemudian berakibat pada metode komunikasi konvensional yang menggunakan telepon konvensional pun sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Saat ini metode komunikasi lebih banyak menggunakan VoIP atau Voice over Internet Protocol yang memanfaatkan jaringan internet. Teknologi yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan pembicaraan lewat Suara dalam jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet. Berbicara mengenai fungsi dari VoIP, Fungsi yang paling utama dari teknologi ini sendiri adalah sebagai media untuk melakukan percakapan suara atau telepon yang memanfaatkan adanya jaringan internet. Akan tetapi, secara spesifik, VoIP mempunyai fungsi yang berbeda-beda, yaitu:

  1. Fungsi Signalling

Fungsi pertama yang dapat dijalankan oleh Voip adalah fungsi Signalling. Singnalling ini sendiri merupakan salah satu fungsi dimana VoIP ini bertugas dalam menangkap jaringan yang akan dituju oleh si penelepon atau pengguna. Pada saat jaringan ini berhasil untuk ditangkap, maka inisialisasi atau penyampaian pesan atau percakapan dapat dilakukan dengan baik dan lancar, serta dengan kualitas suara yang jernih. Dengan begitu para pengguna akan merasa lebih nyaman dalam proses menyampaikan informasi pada lawan bicaranya.

2. Database Service

Fungsi yang selanjutnya adalah sebagai Database Service. Fungsi ini merupakan sebuah layanan yang bertugas untuk mencari lokasi dari tujuan akhir atau yang disebut juga dengan endpointnya yang harus dituju. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kerepotan dalam mencari lokasi yang ingin Anda tuju. Tak hanya itu saja fungsinya ini juga bisa digunakan untuk menterjemahkan alamat yang digunakan dalam 2 jaringan yang berbeda sekaligus. 

3. Bareer Control (Call Connect/Disconnect)

Selanjutnya adalah VoIP berfungsi sebagai barer control yang mana dalam fungsi yang satu inilah akan memungkinkan para pengguna untuk menerima atau menolak panggilan serta memutuskan panggilan yang terjadi sekaligus. Bisa dibilang fungsi yang satu ini merupakan fungsi yang paling bisa dirasakan secara langsung oleh para pengguna VoIP.

4. Coded Operation

Fungsi yang terakhir adalah VoIP sebagai Coded Operation. Disini bisa diartikan jika peran VoIP sebagai coder ataupun decoder dalam transmitting atau pengubahan suara menjadi sebuah paket data maupun sinyal digital atau sebaliknya.

 

Anda memiliki pertanyaan seputar VoIP? Tim Jascloud siap menjawab setiap pertanyaan Anda.

Categories: JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD