Menu Home

5 Cara Praktis Menjadi Contact Center Terbaik Masa Kini

 

Contact center merupakan salah satu pekerjaan yang tidak terlepas dari perkembangan teknologi. Mau tidak mau, suka tidak suka, Anda harus terus dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi. 

Sehingga, Anda membutuhkan cara untuk terus tetap bertahan. Tidak hanya inovasi, melainkan semangat belajar yang mesti dipupuk agar lima cara praktis ini dapat membuat Anda bertahan menjadi contact center terbaik masa kini.

  1. Perhatikan Elemen Penting

Beberapa elemen penting dalam menjalankan tugas sebagai contact center adalah memperhatikan nada bicara, berbicara dengan hati-hati dan dalam kecepatan normal, dan gunakanlah bahasa yang benar sesuai dengan kaidah bahasa yang berlaku. 

Selain itu, seorang contact center harus mengajukan pertanyaan seefektif mungkin. Terdapat tiga sesi pertanyaan yang diajukan kepada pelanggan seperti pertanyaan pembuka, pertanyaan berkelanjutan, dan pertanyaan penutup. 

Setelah itu, petugas contact center harus membangun hubungan atau koneksi kepada pelanggan dengan berusaha meredam amarah pelanggan, mendengarkan dengan penuh perhatian dan hati-hati, dan memposisikan diri sebagai pelanggan. 

Setelah perbincangan berakhir, petugas contact center dapat mengklarifikasi langkah selanjutnya, proaktif, dan menawarkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan.

  1. Mempraktikkan Kecerdasan Emosional 

Kenapa mempelajari kecerdasan emosional dianggap penting bagi petugas contact center? Alasan utamanya adalah agar petugas contact center mampu memberikan solusi terbaik bagi pelanggan. 

Hal-hal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional ini adalah mengantisipasi permintaan pelanggan, menyampaikan penjelasan, mendidik pelanggan, membangun hubungan, memberi dukungan secara emosional, dan menawarkan informasi personal.

  1. Mengatur Ekspektasi Pelanggan

Kecanggihan teknologi masa kini membuat pelanggan berekspektasi untuk menerima pelayanan lebih. Ya, mereka berharap bahwa pelayanan contact center dapat berlangsung selama 24 jam. 

Contact center masa kini mengatasi masalah ini dengan menghadirkan teknologi AI atau kecerdasan buatan. Teknologi ini dapat menggantikan kehadiran manusia sementara ketika berada di luar jam kerja.

  1. Memberi Perlakuan yang Sama kepada Setiap Pelanggan

Ya, poin ini sangat berhubungan dengan profesionalitas seorang contact center. Pemberian hadiah, iming-iming, dan sebagainya sangat berbahaya bagi kinerja contact center itu sendiri. 

Hal yang dikhawatirkan adalah terjadinya penggolongan terhadap pelanggan, padahal, pekerjaan contact center itu netral membantu dengan porsi yang sama terhadap setiap pelanggan.

  1. Feedback!

Untuk mengetahui sejauh mana kinerja contact center, perlu diadakannya umpan balik. Sehingga contact center mengetahui kekuatan dan kelemahan kinerjanya. Tentu saja hal ini digunakan sebagai pengukur diri menjadi lebih baik lagi.

Kelima cara di atas menjadi hal yang selalu diterapkan oleh Jasnita Telekomindo. Dalam menjalankan tugas, agen contact center Jasnita memberikan pelayanan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan masa kini. Salah satunya adalah dengan pembekalan pelatihan secara berkala.

Konsultasikan kebutuhan Contact Center anda dengan tim kami, gratis. Informasi lebih lanjut hubungi sales@jasnita.co.id atau hubungi 14068. Tim kami siap membantu anda.

 

Categories: contact center JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD