Menu Home

Peluang Tren VoIP 2020

 

Perkembangan industri teknologi membuat segala sesuatu tersedia sesuai dengan permintaan. Ya, ini merupakan bagian dari bisnis dimana terdapatnya solusi komunikasi berbasis kemudahan mobilitas dan penghematan biaya. Sehingga, para pelaku bisnis membutuhkan teknologi yang mampu mengakomodasi panggilan pesan, surat elektronik, dan metode komunikasi. Cukup satu solusi untuk berbagai kebutuhan dengan tujuan memangkas anggaran operasional. 

Bisakah hal tersebut terwujud secara nyata?

Dukungan bisnis dengan tenologi VoIP menjadi jawabannya. Terbukti, VoIP mampu mengurangi beban biaya konferensi hingga 30%. Penghematan biaya panggilan local sebesar 40%, dan memangkas biaya panggilan internasional hingga 90%.

Itulah kenapa teknologi VoIP marak digunakan sebagai pendukung bisnis saat ini. Sehingga, lima tren berikut ini diperkirakan akan terjadi di sepanjang tahun 2020.

  1. Teknologi 5G Bukan Lagi Barang Mewah

Bagaimana bisa teknologi 5G yang baru diterapkan menjadi hal yang biasa saja? Ini karena pemanfaatannya mengalami peningkatan yang signifikan.

Alasannya, tenologi 5G mampu mendukung pengiriman data super cepat hingga 72%, kecepatan konektivitas hingga 50%, dan kecepatan memuat video streaming hiingga 54%.

Berdasarkan alasan tersebut, menggunakan teknologi 5G akan membantu peningkatan bisnis secara kompetiif.

  1. AI bagi Customer Service

Sudahkah Anda mendengar tentang teknologi AI? AI merupakan akronim dari Artificial Intelligence yang bermakna kecerdasan buatan.  Keterlibatan AI dalam dunia bisnis tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan pelayanan secara maksimal. 

Alasannya, teknologi ini mampu menjadi jawaban ketika jam kerja customer service telah berakhir.

  1. Dukungan VoIP bagi IoT

Penerapan VoIP bagi Internet of Things mendatangkan beragam keuntungan yang masih berhubungan dengan kecerdasan buatan.

 Beberapa di antaranya adalah menghilangkan tugas-tugas yang berhubungan dengan komunikasi, sehingga karyawan perusahaan dapat mempertahankan fokus hanya pada apa yang menjadi tanggung jawabnya. 

Dari segi perspektif pelanggan, asisten pintar dapat membantu meningkatkan kualitas interaksi di waktu yang tak terduga sekalipun. Selain itu, kontak pelanggan dapat disnkronisasikan secara otomatis.

  1. Layanan Video Chat

Pada umumnya, layanan pelanggan dan kegiatan bisnis hanya berlangsung dengan panggilan suara saja. Dengan adanya teknologi VoIP, perjalanan bisnis terasa begitu mudah dengan tersedianya layanan video chat.

Layanan tersebut memudahkan semua pelaku bisnis untuk memantau perjalanan bisnis dengan begitu mudah. Selain itu, rapat internal juga dapat memanfaatkan teknologi VoIP.

  1. Peningkatan Layanan Keamanan

Semakin canggihnya teknologi, layanan keamanan menjadi tanda tanya besar. Akankah penyedia teknologi menjamin kepuasan pengguna dengan fitur keamanan yang super ketat?

Sebenarnya, VoIP sangat rentan terhadap ancaman. Sehingga pengguna dituntut untuk memahami keamanan siber. Namun tenang saja, perusahaan pengguna teknologi VoIP terlebih dahulu telah memahami dan mempertimbangkan hal ini. 

Penerapan praktik keamanan akan menjamin kerahasiaan dan privasi data perusahaan hingga data pelanggan.

Itulah tren teknologi VoIP yang berkemungkinan akan berkembang di tahun ini. Intinya, secanggih apapun teknologi, tetaplah keamanan menjadi prioritas utama.

 

Konsultasikan kebutuhan Contact Center anda dengan tim kami, gratis. Informasi lebih lanjut hubungi sales@jasnita.co.id atau hubungi 14068. Tim kami siap membantu anda.

 

Categories: contact center JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD