Menu Home

Semua tentang WhatsApp Bisnis API; Apa yang Perlu Diketahui?

 

Terhitung pada tahun 2018, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business API. Apa yang disebut dengan WhatsApp Business API? Seperti kedengarannya, WhatsApp Business API digunakan untuk keperluan bisnis yang terintegrasi dengan sistem CRM (Customer Relationship Management), situs e-Commerce, dan lainnya.

Lalu, apa keuntungan WhatsApp Business API bagi bisnis? 

WhatsApp bekerja sama dengan merek-merek terkenal seperti Uber, Booking.com , dan Singapore Airlines yang menyediakan pengiriman informasi tentang produk dan layanan, mengirimkan boarding pass, dan mengirim pembaruan pengiriman.

Selain fitur seperti dukungan gambar, video dan audio, API juga menawarkan kepada pelaku bisnis untuk mengatur profil bisnis yang dapat mencakup alamat, deskripsi, detail kontak, dan tautan web mereka.

WhatsApp API mendukung interaksi obrolan dua arah, yang berarti bahwa interaksi layanan pelanggan sekarang dapat terjadi di lingkungan yang akrab dan nyaman, tanpa perlu menggunakan layanan obrolan langsung yang dihosting di halaman web.

Apa peluang yang dibuka WhatsApp bagi pelaku bisnis?

Awalnya, WhatsApp Business API menyediakan layanan pembaruan pengiriman melalui pesan singkat dan email. Selain itu, terdapat opsi tambahan untuk layanan tersebut dan kemudahan dalam memotiasi pelanggan untuk melakukan kontak pertama. Namun sebelumnya, pelaku Bisnis harus meminta izin kepada pelanggan mereka sebelum menghubungi melalui WhatsApp. Salah satu cara untuk melakukan konfirmasi adalah pengiriman pesan singkat yang berisi tautan terkait. 

Setelah pelanggan menyetujui hal tersebut, dapatkah bisnis bergerak secara proaktif seperti mengirim pesan kepada mereka tentang subjek terkait di WhatsApp?

Layaknya Facebook Messenger API, WhatsApp telah membatasi kemampuan sebuah merek untuk mengirim pesan adhoc. Sebuah merek hanya dapat mengirim pesan kepada penerima dalam 24 jam setelah kontak terakhir dari mereka. Namun, ada pengecualian pada aturan 24 jam bagi pola yang telah ditentukan sebelumnya di mana diharuskan adanya persetujuan dari pihak WhatsApp.

Jadi, untuk peringatan dan pemberitahuan, pelaku bisnis kemungkinan besar akan dapat terus mengirimkan ini, tetapi dengan manfaat menawarkan pilihan komunikasi yang lebih luas bagi para pelanggan mereka.

Apakah WhatsApp Business API dapat digunakan oleh semua kalangan bisnis?

Menurut kabar yang beredar, WhatsApp Business API terbatas pada pelaku bisnis UKM. Namun ini tidak berlaku secara keseluruhan. Terdapat bisnis usaha kecil dan menengah dapat mengadaptasi proses lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan besar untuk menyediakan pesan konten yang kaya kepada pelanggan mereka. Perusahaan tanpa akses ke pengembang mungkin merasa lebih nyaman menggunakan aplikasi WhatsApp for Business daripada API, tetapi ini tidak membatasi penggunaan atau aplikasi platform.

Jasnita Telekomindo mendukung pelanggan untuk mengembangkan segala jenis bisnis dengan olahpesan yang super kaya. Tentunya hal ini akan memudahkan segala perjalanan bisnis pelanggan. Ditambah lagi, Jasnita Telekomindo hanya memberikan saluran terbaik untuk menangani layanan pengiriman pesan.

Cari tahu lebih lanjut mengenai WhatsApp Business API dan efektifitasnya bagi bisnis Anda. Hubungi tim kami di 021 2856 5288 atau sales@jasnita.co.id

Categories: JasCloud WhatsApp Business API

Tagged as:

JASCLOUD