Menu Home

7 Trik untuk Meningkatkan Kualitas Panggilan VoIP

 

 

VoIP atau Voice over Internet Protocol merupakan bisnis tool yang sudah menunjukkan manfaatnya dalam beberapa waktu belakangan ini.  Sehingga hal tersebut menjadikannya solusi telepon standar bagi sebagian besar usaha kecil hingga menengah (UKM). Tingkat panggilan yang lebih rendah dan komponen softphones dipasangkan dengan potensi integrasi perangkat lunak yang sangat baik yang biasanya menarik sebagian besar pembeli bisnis.

Tetapi untuk tim yang didistribusikan secara luas di tengah masa pandemi ini, solusi VoIP berbasis cloud juga menarik untuk panggilan yang sangat fleksibel dan perutean ekstensi karena juga terkoneksi pada telepon seluler.

Meskipun demikian, suara menjadi alat untuk mengukur keberhasilan VoIP. Apakah kualitas panggilan masih sebagus digitalisasi ponsel atau tidak? Apakah masih sama baiknya antara penggunaan di kantor dan penggunaan dari rumah?

Jika percakapan kacau atau turun secara sporadis, semua manfaat VoIP lainnya tidak terlalu berarti. Sehingga dibutuhkan solusi yang masuk akal. Bahkan solusi tingkat menengah cenderung menunjukkan peningkatan yang nyata atas sistem telekomunikasi lokal dan smartphone. Tetapi banyak dari kualitas itu tergantung pada bagaimana vendor VoIP merekayasa solusi mereka. Sebagian besar terletak pada jaringan yang mendasarinya. Itu adalah kombinasi dari staf TI dan penyedia Internet. 

Namun, sebelum menginvestasikan waktu dan upaya untuk melakukan penyesuaian pada perangkat keras dan jaringan yang dimiliki, mungkin lebih baik bagi pengguna untuk menghubungi penyedia layanan VoIP. Insinyur layanan pelanggan mereka mungkin dapat menentukan masalah spesifik dan menawarkan perbaikan lebih cepat daripada staf TI umum yang tidak menangani masalah VoIP setiap hari. Pengguna juga harus menghubungi penyedia layanan internet (ISP) untuk memastikan mereka tidak mengalami krisis broadband besar. Jika kedua panggilan itu tidak membuahkan hasil, cobalah tujuh langkah berikut ini.

Jitter Jujitsu

Pada dasarnya, data suara dikirim melalui jaringan pengguna dalam paket yang diatur secara kronologis. Masalah jaringan hingga kesalahan konfigurasi merupakan penyebab keterlambatan penerimaan paket. Ini jga bisa dilatarbelakangi oleh tipe kabel Ethernet yang digunakan. 

Jika pengguna memakai jenis kabel yang salah, buffer jitter menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Jasnita Telekomindo akan dengan senang hati membantu pengguna mengkonfigurasi buffer sebagai penyimanan sementara paket data dalam urutan penerimaannya, lalu mengirimkan paket-paket tersebut ke jaringan pengguna dalam interval jarak yang sama. Ini akan membantu untuk mengirimkan data suara dengan cara yang lebih akurat.

Beli Headset Baru

Harga headset VoIP sangat terjangkau. Namun ada hal yang harus diperhatikan ketika memilih headset. Pilih headphone peredam bising yang menghadirkan suara di kedua telinga. Headset kabel dan USB biasanya memberikan kualitas suara yang lebih stabil daripada headset nirkabel atau Bluetooth.

Beli Router yang Dioptimalkan VoIP

Apakah pengguna merupakan seorang operator solo yang bekerja dari rumah atau profesional TI yang secara efektif mengelola sejumlah besar infrastruktur jaringan berbasis rumah? Jika iya, pastikan banyak router nirkabel pengguna memiliki kemampuan untuk memprioritaskan lalu lintas VoIP secara jelas dibandingkan jenis data lainnya. 

Fitur utama yang harus dicari adalah kualitas layanan (QoS). Fitur ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk memilih jenis lalu lintas dan memastikannya mendapat prioritas dari router. Router pengguna juga perlu mendukung Session Initiation Protocol (SIP) yang membantu mengirimkan data secara andal antara klien dan server. Pengguna juga akan memerlukan dukungan LAN virtual (VLAN) yang membantu untuk mengelompokkan dan menyebarkan data berdasarkan di mana latensi terendah.

Monitor Lalu Lintas Jaringan 

Jumlah bandwidth yang digunakan di jaringan akan berdampak pada audio panggilan pengguna. Jika buffer jitter tidak menyelesaikan masalah, coba lindungi arus lalu lintas VoIP dengan fitur QoS. Sementara QoS adalah standar jaringan yang cenderung bekerja dengan cara yang sama di semua perangkat keras jaringan yang mendukungnya.

Profesional TI dapat menggunakan alat pemantauan jaringan untuk mengidentifikasi aliran paket mana yang membawa data VoIP. Itu memungkinkan mereka untuk menandai lalu lintas tersebut dan melindunginya dalam beberapa cara, termasuk QoS.

Izin Interferensi

Jika pengguna mengalami gangguan, maka lakukan pemeriksaan untuk melihat frekuensi onsel mana yang sedang berjalan. Jika pengguna memiliki telepon 5,8 GHz, maka beralihlah ke telepon 2,4 GHz. Selain itu, sebagian besar router bisnis kecil, rumahan, serta sebagian besar ekstensi Wi-Fi, menawarkan kemampuan untuk memilih apakah akan berjalan dalam spektrum 2,4-GHz versus 5-GHz atau menjalankan keduanya secara bersamaan. 

Pengguna diminta untuk memilih lalu lintas mana yang akan dijalankan di spektrum mana. Jasnita Telekomindo akan membantu pengguna dalam menentukan pilihan yang tepat. 

Standarisasi VoIP Seluler 

Berkomunikasi saat bepergian adalah sesuatu yang perlu diatasi bagi setiap pebisnis. Beberapa orang perlu memastikan ponsel cerdas mereka berdering ketika seseorang memanggil dari rumah atau sedang berada di luar. Sementara yang lainnya hanya perlu memastikan bahwa mereka dapat berkeliaran di sekitar kantor atau kampus dengan headset yang berfungsi penuh di telinga mereka. 

Agar kualitas panggilan tetap bagus, perusahaan perlu mencari cara untuk melakukan standarisasi. Bagi mereka yang sedang berada di kantor, pertimbangkan penggunaan telepon Digital Enhanced Cordless Telecommunications (DECT). Karena ponsel ini pada dasarnya menggunakan spektrum mereka sendiri. Untuk beberapa konfigurasi dalam sistem, itu hanya masalah memasukkan telepon ke port USB terbuka pada sistem host

Jika pengguna merupakan salah satu dari mereka yang membutuhkan ponsel cerdas mereka untuk berdering ketika telepon meja mereka dihubungi, hubungi penyedia VoIP dan lihat apa yang mereka miliki di softphone atau opsi penerusan panggilan.

Hubungi Pakar VoIP Jika Mengalami Kegagalan

Ketika pengguna mengalami kesulitan kinerja seperti kekacauan panggilan hingga penurunan panggilan, hubungi mereka yang terlatih di bidangnya. Untungnya, konsultan VoIP saat ini dapat melakukan lebih dari sekadar menginstal dan memelihara sistem VoIP. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya juga bekerja untuk mengoptimalkan jangkauan jaringan Wi-Fi pengguna. Alasannya, Wi-Fi sering menjadi bagian tak terpisahkan dari sistem VoIP berperforma tinggi. 

Wi-Fi membantu membawa komunikasi pengguna ke tingkat selanjutnya dengan menerapkan fitur-fitur canggih, seperti mengamankan data panggilan dan transmisi, mengotomatiskan rapat dan penjadwalan bersama, merancang penjawab otomatis yang berfungsi penuh, mengembangkan integrasi khusus dengan perangkat lunak back-end Anda yang lain, hingga menyiapkan analitik panggilan dan dasbor. 

Pastinya, menyewa bantuan akan membutuhkan biaya. Tetapi selama pengguna meluangkan waktu untuk menyelidiki sepenuhnya apa yang dapat dilakukan konsultan pilihan, pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan.

 

Categories: Uncategorized

JASCLOUD