Menu Home

5 Hal Ini Mungkin Terjadi dalam Penggunaan WhatsApp Business API

 

Peluncuran WhatsApp Business API pada Agustus 2018 disambut gembira oleh para pelaku bisnis. Berkat popularitas dan dukungannya untuk konten yang kaya, banyak bisnis melihat potensi menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Lalu, bagaimana cara menerapkannya dalam bisnis? Apa langkah yang harus dilakukan?

Lima hal ini mungkin tidak asing lagi bagi Anda yang sudah mencoba menggunakan WhatsApp Business API. Hal ini juga yang dapat mendukung dan menunjukkan bagaimana bisnis dapat berkembang dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan. 

Kenapa Harus WhatsApp Business API? 

Sebelum Anda menggunakan WhatsApp Business API untuk mendukung kemajuan bisnis, Anda mungkin mempertanyakan hal ini sebelumnya. Kenapa harus WhatsApp Business API? Cobalah pertimbangkan hal berikut ini. 

  • WhatsApp Business API memiliki lebih dari 1 miliar pengguna.
  • Profil Bisnis menampilkan nama perusahaan, situs web, deskripsi, dan lainnya
  • Alat olahpesan termasuk Balasan Cepat dan Pesan Ucapan
  • Pelaporan dan analitik pesan

Lima Hal yang Akan Anda Rasakan Ketika Menggunakan WhatsApp Business API

  1. Rekomendasi yang Dipersonalisasi – Netflix

Rekomendasi dan pembaruan yang dipersonalisasi adalah satu kasus penggunaan yang saat ini sedang diuji oleh Netflix. Dengan spanduk pengumuman di atas beranda mereka, Netflix bertanya kepada penggunanya apakah mereka ingin menerima rekomendasi untuk pertunjukan baru di WhatsApp. Mereka yang ikut serta akan menerima pembaruan dan rekomendasi yang dipersonalisasi dari Profil Bisnis Terverifikasi Netflix di WhatsApp.

Ada potensi tak terbatas untuk ini! Dengan rekomendasi yang disesuaikan, Netflix dapat terus membuat penggunanya terlibat dan kembali untuk lebih. Pengguna dapat terlibat dalam percakapan dua arah untuk meminta rekomendasi spesifik atau dukungan pelanggan melalui WhatsApp.

  1. Pelacakan Pengiriman untuk Pelanggan

Menggunakan GPS untuk berbagi lokasi langsung selalu menjadi fitur yang berguna di WhatsApp. Anda dapat menerapkan berbagi lokasi langsung kepada pelanggan Anda untuk menemukan pengiriman mereka dengan WhatsApp Business API.

Ini akan sangat berguna untuk bisnis e-commerce dan pengiriman makanan. Ini karena pengguna akan dapat melihat lokasi pengantar kiriman dan mengobrol dengannya tanpa berpindah antar aplikasi.

  1. Percakapan Pelanggan Dua Arah

Salah satu fitur pengubah permainan terbesar untuk WhatsApp Business API adalah dukungan percakapan dua arah dengan pelanggan. Ini berarti bahwa pelanggan dapat memulai percakapan WhatsApp dengan bisnis yang mencari dukungan, umpan balik, dan pertanyaan.

  1. Pemberitahuan Real-Time 

Dengan menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat melampirkan konten yang kaya seperti gambar dan dokumen langsung ke perpesanan. Ini dapat membantu mengurangi gesekan dalam perjalanan pelanggan karena semua lampiran berada pada platform tunggal.

  1. Umpan Balik Pelanggan secara  Instan

Setelah memberikan layanan, minta pelanggan untuk segera menilai Anda melalui percakapan teks yang sama. Ini akan memastikan tingkat respons tinggi dan pembaruan waktu-nyata. Pelanggan jauh lebih mungkin untuk menanggapi survei atau pesan umpan balik jika mereka merasa nyaman.

WhatsApp Business API membantu Anda menjangkau pelanggan melalui aplikasi perpesanan yang paling sering digunakan. Manfaatkan data yang di terima untuk memahami pelanggan dengan lebih baik melalui pelaporan yang lebih andal berdasarkan kumpulan tanggapan yang lebih besar.

WhatsApp Business API dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis Anda. Ini juga menjadikan Anda pemain kunci di era teknologi baru. Untuk mempelajari bagaimana Jasnita Telekomindo dapat membantu memperluas pertumbuhan bisnis Anda, mari hubungi kami di www.jasnita.com.

 

Categories: WhatsApp Business API

Tagged as:

JASCLOUD