Menu Home

4 Tanda bahwa Bisnis Perlu Beralih ke VoIP

 

Salah satu firma riset pasar Future Market Insights menyatakan bahwa terdapat sekitar 204,8 juta pelanggan telekomunikasi diperkirakan akan mengeksploitasi layanan telekomunikasi yang mendukung IP pada tahun 2020. Ini akan menghasilkan $ 86,20 miliar dalam pendapatan di seluruh dunia.

Perusahaan riset pasar lain, Infonetics, menemukan bahwa sebanyak 45% perusahaan di Inggris sudah menggunakan trunking SIP. Angka ini diperkirakan akan melonjak menjadi 67% tahun ini. Itu berarti banyak orang mengambil pendekatan yang diperbarui untuk komunikasi suara.

Lalu, pertanyaan yang timbul apakah sistem seperti ini dapat diterapkan bagi semua bisnis? Berikut adalah beberapa hal yang harus dapat dipertimbangkan dalam mengambil langkah selanjutnya.

  1. Keterbatasan Anggaran

Alasan terbesar mengapa perusahaan memilih SIP trunking dengan PBX yang mendukung IP adalah untuk mengurangi biaya operasi. Usaha kecil yang beralih ke VoIP memangkas harga hingga 40%. Mereka juga menghemat hingga 90% persen untuk panggilan internasional. Pemasok trunking SIP terbaik menawarkan paket panggilan tak terbatas dengan biaya bulanan yang rendah untuk setiap saluran SIP. 

  1. Pertumbuhan Bisnis

Menambahkan banyak saluran telepon lama merupakan proses yang bertele-tele. Perusahaan harus memasukkan garis fisik dan menciptakan ruang bagi infrastruktur tambahan.

Yang lebih buruk adalah bahwa saluran telepon lama biasanya berlangganan dalam kelompok yang terdiri dari 23 orang. Jika perusahaan hanya memerlukan 24 saluran,pembayaran yang dilakukan adalah sebanyak dua kali lipatnya. Ini karena tidak memungkinkan adanya bagian yang lebih kecil lagi.  

Trunking SIP memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan layanan dengan apa yang menjadi persyaratan tanpa komitmen berlebihan.

  1. Memiliki Sumber Daya Teknis yang Terbatas

Banyak orang beranggapan bahwa trunking SIP di cloud membutuhkan pengalaman khusus dalam mengelola dan mengimplementasikan.

Sayangnya, ini bukanlah kasusnya!

Jika perusahaan memilih pemasok yang tepat, pemasangannya mudah, dan pemeliharaan serta administrasi terkait dapat diselesaikan dalam portal pelanggan online yang juga sangat mudah digunakan. Perpindahan ke SIP menempatkan segalanya di satu jaringan dan menciptakan persyaratan infrastruktur yang lebih ramping.

  1. Memanfaatkan Komunikasi Terpadu demi Meningkatkan Produktivitas

Trunking dan komunikasi terpadu SIP berjalan beriringan. Jika tim di sebuah perusahaan mendapat manfaat dari video terintegrasi, keberadaan, pengiriman pesan instan, atau integrasi aplikasi, maka SIP akan menjadi pendamping yang sangat baik bagi bisnis.

Fakta bahwa jaringan telepon lama (PSTN) sedang dihapus dalam 8  hingga 10 tahun mendatang berarti bahwa pada akhirnya semua bisnis akan beralih ke trunking SIP.

Jika salah satu poin yang disebutkan di atas berlaku bagi perusahaan tertentu, akan lebih baik apabila mempertimbangkan perpindahan ke SIP lebih cepat daripada menundanya.

 

Categories: JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD