Menu Home

PBX vs VOIP dan Opsi Telepon Bisnis Lainnya

Komunikasi suara adalah bagian integral dari kesuksesan organisasi. Sebagai pemilik bisnis, penting untuk memahami pilihan apa yang ada di luar sana, mendidik diri sendiri tentang arti setiap pilihan bagi bisnis Anda, dan akhirnya memilih opsi terbaik. 

Pada artikel ini kita akan membahas pro dan kontra dari dua jenis utama sistem telepon, PBX vs VoIP.

Apa Maksud dari Ketentuan PBX dan VOIP?

PBX (Private Branch Exchange) juga disebut sebagai TDM (time duplex multiplexer) atau Sistem Utama. Istilah ini sering digunakan secara bergantian di industri kami. Pada dasarnya, PBX adalah sistem telepon lokal yang tidak terhubung ke jaringan data.

VoIP (Voice over Internet Protocol) adalah bentuk lain dari teknologi sistem telepon. VoIP berarti suara diubah menjadi data, dipaketkan, dan ditransfer melalui jaringan data. VoIP dapat berada di lokasi atau juga dapat dihostingVoIP adalah perkembangan yang lebih baru daripada PBX di industri telepon.

Kelebihan Sistem Telepon VoIP

Fleksibilitas adalah satu kata yang mencakup hampir semua kelebihan saat membandingkan sistem VoIP vs PBX. Berikut adalah beberapa cara sistem VoIP bisa lebih fleksibel daripada rekan PBX-nya:

Skalabilitas

Biasanya sistem telepon VoIP berbasis lisensi. Artinya, fitur, pengguna, kotak pesan suara, dll. Semuanya dikontrol oleh lisensi. Setelah lisensi ditambahkan, fitur atau ekstensi dibuat. Di dunia PBX, sistem bekerja pada kartu. Untuk menambahkan perangkat atau ekstensi lain, kami perlu memastikan bahwa kami memiliki cukup port, pada satu kartu. Jelas, solusi berbasis lisensi jauh lebih mudah untuk dikembangkan karena alasan pertumbuhan. Jika solusinya disampaikan sebagai layanan, sebagian besar waktu Anda juga dapat mengurangi. Ini adalah solusi yang bagus untuk bisnis musiman.

fitur

Sistem VoIP lebih kaya fitur , sederhana dan sederhana saat membandingkan VoIp vs PBX. VoIP memungkinkan sistem telepon untuk berintegrasi dengan teknologi lain pada jaringan data yang sama yang membawa telepon ke level yang baru.

Redundansi

Adopsi teknologi broadband telah membuat dunia kita “selalu aktif”. Ide ini tidak melewatkan dunia telepon. Kita sebagai masyarakat mengharapkan teknologi kita bekerja dan mengharapkannya siap, saat kita membutuhkannya. Meskipun teknologi IP lebih rentan terhadap waktu henti daripada teknologi PBX tradisional, kami memiliki kemampuan untuk menggabungkan redundansi baik di dalam sistem telepon dan juga dengan komponen yang memungkinkan kami untuk berkomunikasi menggunakan telepon.

Virtualisasi

Di masa hanya sistem telepon PBX, Anda harus membeli sistem telepon fisik. Sekarang dengan teknologi VoIP kita dapat menghadirkan sistem telepon lengkap sebagai contoh virtual atau bahkan menjadi tuan rumah sistem telepon di pusat data.

Bawa perangkat Anda sendiri

Sistem telepon VoIP dibangun di atas platform SIP. SIP adalah teknologi lain yang memungkinkan VoIP beroperasi. Dengan sistem telepon VoIP yang menggunakan SIP sebagai platform teknologinya, kami membuka pilihan telepon yang lebih beragam. Kami tidak terjebak dengan telepon yang diproduksi oleh pabrikan sistem telepon, tetapi dapat menggunakan hampir semua perangkat SIP. Dengan VoIP kita juga dapat memposisikan ponsel sebagai titik akhir telepon bisnis, atau bahkan komputer / tablet.

Integrasi

Ya, saya baru saja mengatakan komputer / tablet sebagai ponsel Anda. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, VoIP memungkinkan kita untuk berintegrasi dengan teknologi lain di jaringan data. Integrasi dengan komputer memungkinkan kita untuk mengontrol fungsi telepon melalui telepon berbasis perangkat lunak dan mouse kita (seret dan lepas panggilan transfer, klik untuk memanggil, pesan instan, dll.). Ini menciptakan platform komunikasi terpadu yang sebenarnya . Apakah Anda benar-benar membutuhkan telepon meja?

Infrastruktur

Solusi VoIP membutuhkan pemasangan kabel Cat5 atau lebih tinggi untuk setiap perangkat agar dapat beroperasi. Apakah Anda memiliki kabel Cat5 di mana pun Anda membutuhkan telepon? Jika tidak, berapa biaya untuk membawanya ke setiap lokasi? Selain kabel, perlu diingat bahwa lalu lintas telepon VoIP akan bergantung pada jaringan data Anda yang ada. Apakah jaringan Anda stabil? Bisakah Anda menambahkan lebih banyak lalu lintas dengan aman? Telepon VoIP perlu dicolokkan ke sakelar data sehingga Anda perlu memiliki port tambahan yang tersedia, sebaiknya PoE. Siapa yang mengontrol jaringan? Apakah kontrol ada di perusahaan atau departemen yang sama dengan sistem telepon? Ada banyak pertanyaan yang berhubungan dengan infrastruktur yang perlu ditanyakan dan dijawab sebelum memilih VoIP.

Keterlibatan TI

Solusi VoIP akan melibatkan staf atau mitra TI Anda. Seberapa sibuk mereka? Memastikan tim TI Anda memiliki waktu untuk pekerjaan tambahan ini adalah prioritas.

Pemilihan Vendor

Dunia VoIP telah membuka kemampuan bagi lebih banyak bisnis untuk menginstal dan melayani telepon. Ini tidak selalu bagus. Meskipun, ya, itu memungkinkan lebih banyak pilihan, itu juga memungkinkan bagi perusahaan yang mencoba-coba telepon untuk memasarkan sebagai pakar industri. Kami sering melihat di mana penyedia TI percaya bahwa mereka dapat memasuki pasar telepon karena IP adalah IP, bukan? Bukan itu masalahnya. 

Kelebihan Sistem Telepon PBX

Sebagai contoh untuk menerapkan solusi teleponi untuk semua pembangunan fasilitas kesehatan perawatan primer. Menggunakan VoIP di kantor perusahaan, tetapi menggunakan sistem PBX di setiap fasilitasnya. Berikut adalah beberapa alasan membuat keputusan antara PBX atau VoIP:

Infrastruktur

Berbeda dengan solusi VoIP, telepon PBX dapat menggunakan kabel Cat3 atau lebih tinggi. Juga tidak menyentuh jaringan data.

Kesederhanaan

PBX vs sistem telepon VoIP menawarkan fungsionalitas yang cukup untuk menjadi produktif bagi bisnis tetapi tidak terlalu banyak sehingga membebani pengguna. Solusi yang paling efisien dan mudah digunakan yang dapat di terapkan adalah yang terbaik. “Dalam organisasi perawatan kesehatan, Anda ingin karyawan Anda fokus pada pasien mereka, bukan teknologi yang mereka gunakan untuk berkomunikasi.”

Keandalan

Pada industri kesehatan, ketika kita mengangkat telepon, itu bisa menjadi skenario hidup atau mati. Kami berbuat salah pada sisi mencoba dan benar. Dengan VoIP yang dihosting, di kantor korporat, tidak boleh memiliki masalah kualitas atau gangguan internet.

Biaya

Sebanyak Anda akan membaca tentang VoIP atau host VoIP menjadi solusi suara yang paling hemat biaya, PBX tradisional sederhana akan menang setiap saat. Terutama PBX vs Hosted ketika Anda menambahkan biaya ringan dari kualitas panggilan yang buruk atau gangguan pada layanan Anda. PBX tradisional sederhana mungkin bukan sistem telepon termewah di luar sana, tetapi itu akan menyelesaikan pekerjaan. Ingat tidak semua orang adalah pasak bulat dan membutuhkan semua lonceng dan peluit.

Ekspansi dan skalabilitas

Berikut adalah cara kerja perluasan sistem PBX. Untuk menambahkan telepon atau saluran, Anda memerlukan port pada kartu. Untuk menambahkan kartu, Anda membutuhkan slot di kabinet. Jika Anda tidak memiliki slot di kabinet, Anda memerlukan kabinet baru. Banyak seluk beluk, banyak hal-hal yang Anda miliki. Ini jelas berbeda dari skalabilitas mudah sistem VoIP berbasis lisensi.

Redundansi
Kami membahas redundansi dengan sistem VoIP dan PBX sedikit berbeda. Anda masih dapat memiliki redundansi operator untuk nada panggil, namun redundansi internal lebih merupakan tugas yang menakutkan. Dengan sistem VoIP biasanya setiap komponen datang berpasangan (Hard drive dengan RAID, kipas ganda, port ganda, dll.). Namun menambahkan kartu yang berlebihan ke PBX agak konyol dan memiliki sistem telepon kedua hanya duduk dan menunggu tidak memungkinkan. Bicaralah dengan pasangan Anda. Ada beberapa opsi penentuan posisi produk yang di-host untuk berfungsi dalam mode darurat.

Pengelolaan

Manajemen sistem PBX bisa lebih rumit daripada solusi VoIP. Untuk menambahkan kartu atau lemari, pasangan Anda perlu datang ke hotel untuk memasang komponen-komponen itu secara fisik. Ini tidak sesederhana menambahkan lisensi dan melanjutkan.

Jadi Secara Keseluruhan, PBX atau VoIP?

Beberapa solusi adalah apa yang disebut sistem telepon PBX hybrid. Sistem ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan fitur solusi VoIP, tetapi memposisikan infrastruktur untuk PBX. Ini adalah solusi hebat jika Anda tidak dapat memutuskan. Mungkin beberapa kebutuhan yang lebih penting dari organisasi Anda sejalan dengan PBX, tetapi Anda menyukai gagasan tentang teknologi VoIP. Hybrid PBX akan menjadi solusi yang bagus.

Kami menyarankan Anda melakukan diskusi mengenai teknologi ini dengan Tim Profesional Kami.

Categories: JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD