Menu Home

Teknologi Saat Ini dan Masa Depan dalam Layanan Pelanggan

layanan pelanggan

 

  • Bagaimana pendekatan Anda saat ini terhadap teknologi layanan pelanggan sesuai dengan tren global
  • Bagaimana cara meningkatkan posisi kompetitif teknologi dan strategi inovasi Anda
  • Bagaimana fungsi layanan pelanggan lainnya berinvestasi untuk masa depan

Layanan pelanggan adalah sarang untuk teknologi dan inovasi baru, tetapi hari ini, memiliki begitu banyak inovasi – di seluruh saluran, alat suara-dari-pelanggan, teknologi infrastruktur, dan keterlibatan tenaga kerja – mengancam untuk membanjiri bahkan pemimpin layanan yang paling progresif. 

Tren layanan pelanggan saat ini telah berubah jauh akibat dampak pandemi Covid-19. Layanan pelanggan semakin disibukkan dengan keluhan-keluhan yang beragam, dan banyaknya pertanyaan yang mungkin sebelum pandemi belum ada. Bagaimana memperoleh barang ini barang itu, proses pengirimannya, kapan datangnya, kenapa tidak sesuai. Hampir seluruhnya disebabkan tak mampunya pelanggan menjangkau secara fisik ke produk yang diharapkan, sehingga perlu adanya pihak ke 3 yakni e-commerce atau website, atau bahkan pembelian melalui telephone.

Layanan pelanggan semakin dihadapkan pada realita yang semakin sulit, dengan keberagaman media. Layanan pelanggan perlu hadir di seluruh media demi memenuhi permintaan pasar. Pelanggan tidak ingin di repotkan dengan mengunduh aplikasi tertentu untuk memperoleh produk Anda, yang pada akhirnya beralih pada merk lain karna lebih mudah dijangkau. Terdengar sederhana namun hal ini akan menyulitkan perusahaan Anda. Memiliki hanya 5 agent pada layanan pelanggan yang semua merangkap sebagai admin social media, sebagai telemarketer, dll. Memusingkan bukan?

Tidakkah akan mudah bila layanan pelanggan memiliki tugas yang sesuai sebagaimana mestinya? dan masing-masing hadir di semua saluran media. Pelanggan lebih mudah menjangkau Anda, hal ini juga memudahkan Anda menilai bagaimana kinerja layanan pelanggan Anda selama ini.

Anda bisa dibantu dengan robot yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan monoton dari pelanggan, hanya setidaknya pelanggan memperoleh jawaban yang mereka butuhkan secara cepat, tanpa tau bahwa itu sebuah robot. Teknologi perlu menjadi pertimbangan Anda dalam menghadapi tren global saat ini. Semua orang seperti dikerjar-kejar dalam memperoleh yang mereka inginkan.

Lalu bagaimana pendekatan Anda? Sudahkah Anda hadir di seluruh rangkaian media? Mampukah layanan pelanggan Anda mencakup seluruhnya?

Anda perlu membangun stratgi yang kompetitif demi memenangkan hati pelanggan. After service merupakan hal yang penting setelah pelanggan memperoleh apa yang mereka inginkan. Jangan biarkan mereka pergi hanya karna layanan pelanggan Anda tidak memiliki waktu untuk menjawab pertanyaan sepele mereka. Pelanggan Anda akan merasa sangat dihargai bila layanan pelanggan Anda mau menjawab pertanyaan-pertanyaan kecil mereka.

Layanan pelanggan menjadi investasi Anda dimasa depan. Pelanggan Anda akan kembali kepada Anda meskipun semakin banyak pesaing Anda yang mungkin secara produk dan layanan memiliki inovasi yang lebih. Namun mereka akan berfikir berulang kali, untuk tidak sakit hati pada layanan pelanggan mereka. Layanan pelanggan yang buruk akan merusak reputasi Anda sekalipun produk Anda nomor 1 didunia.

Layanan pelanggan Anda akan mempertahankan merek Anda untuk dapat bersaing di era global. Pelanggan sangat senang dimanjakan. Sudahkah Anda memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang hal ini?

Jadi bagaimana dengan Anda?

 

Categories: contact center

Tagged as:

JASCLOUD