Menu Home

Trend VoIP Booming di era Pandemi Covid-19

Trend VoIP Booming di era Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 masih berlangsung hingga saat ini. Hal ini sampai pada keputusan diberlakukannya kembali PSBB. Beberapa instansi baik negeri maupun swasta memperketat aktivitas perusahaan. Hal ini tentu berdampak pada ekonomi.

Disamping itu, masa depan industri teknologi dan komunikasi semakin jelas terlihat. Perkembangan industri teknologi membuat segala sesuatu tersedia sesuai dengan permintaan. Ini merupakan bagian dari bisnis dimana terdapatnya solusi komunikasi berbasis kemudahan mobilitas dan penghematan biaya. Sehingga, para pelaku bisnis membutuhkan teknologi yang mampu mengakomodasi panggilan pesan, surat elektronik, dan metode komunikasi. Cukup satu solusi untuk berbagai kebutuhan dengan tujuan memangkas anggaran operasional dan agar kegiatan operasional tetap berjalan normal di era “new normal” . 

Dukungan bisnis dengan tenologi VoIP menjadi jawabannya. Terbukti, VoIP mampu mengurangi beban biaya konferensi hingga 30%. Penghematan biaya panggilan lokal sebesar 40%, dan memangkas biaya panggilan internasional hingga 90%. Beberapa perusahaan yang mulai mempercakan Jasnita dalam sistem VoIP ditengah Pandemi ini diantaranya seperti Siemens, Bentoel Group, Dwidaya Tour, Ruang Guru, dan banyak lagi. 

Itulah kenapa teknologi VoIP marak digunakan sebagai pendukung bisnis saat ini. Tren teknologi 5G bukan lagi barang mewah. Teknologi 5G mampu mendukung pengiriman data super cepat hingga 72%, kecepatan konektivitas hingga 50%, dan kecepatan memuat video straming hingga 54%. Berdasarkan data tersebut, menggunakan teknologi 5G akan membantu peningkatan bisnis secara kompetitif. VoIP bergantung sepenuhnya pada internet, memudahkan pengguna dapat terkoneksi dimana saja, namun hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.

Hadirnya tren cloud contact center.  Bekerja dari rumah bukan halangan bagi agent call center. Pasalnya, baik sistem telephoni dan sistem call center saat ini sudah dapat menunjang remote agent untuk bekerja dari rumah. Berbekal internet, laptop, dan headset, remote agent mampu melayani pelanggan sama halnya seperti di kantor. Di sinilah VoIP berperan nyata. Agent tidak perlu berada di kantor untuk menjawab panggilan masuk, dengan menggunakan masker, yang tentunya ini dapat menjadi halangan. Aktivitas telepon tetap dapat terpantau dan terekam.

Tren meeting virtual yang menjaga phisical distancing. Tidak lagi perlu berkontak secara fisik, yang mampu meningkatkan potensi terpaparnya virus. Melalui VoIP, pengguna dapat melakukan konferensi telepon. Selain itu juga dapat melalui video conference berbasis website dengan memanfaatkan fasilitas Jasmeet dari Jasnita. 

Tren bisnis via online. Baik itu startup, UMKM, maupun perusahaan yang tadinya offline melebarkan sayapnya pada aktivitas online. Menggunakan nomor telepon VoIP yang dapat aktif dalam 7 hari dan dapat dibawa-bawa, mereka mampu membangun kepercayaan pelanggan dengan selalu hadir pada setiap saluran. Omni-channel dimanfaatkan secara maksimal dalam menjangkau pelanggan. 

Tren lainnya pada peningkatan keamanan. Semakin canggih teknologi, keamanan sering menjadi pertanyaan. Pasalnya, VoIP rentan terhadap ancaman. Sehingga pengguna dituntut untuk memahami keamanan siber. Namun, perusahaan pengguna teknologi VoIP terlebih dahulu memahami dan mempertimbangkan hal ini. Penerapan praktik keamanan akan menjadi kerahasiaan dan privasi data perusahaan hingga data pelanggan. 

Layanan VoIP sebagai kekuatan pendorong untuk semua segmen bisnis terus dapat beroperasi. Perusahaan besar khususnya terus melakukan evaluasi terhadap VoIP sementara bermigrasi ke SIP Trunk. Fleksibilitas yang ditawarkan untuk dapat digunakan di berbagai macam perangkat, dan dapat dibawa-bawa, masa depan VoIP dapat dikatakan gemilang. Tanpa perlunya investasi khusus seperti perangkat, infrastruktur, dan lisensi. Jasnita terus berupaya dalam mengembangkan layanan-layanan dimiliki untuk dapat beradaptasi dengan situasi saat ini maupun masa depan.

Categories: Uncategorized

Tagged as:

JASCLOUD