Menu Home

Bagaimana Sektor Keuangan Seperti Bank dapat Memperoleh Manfaat dari WhatsApp Business

Platform perpesanan WhatsApp, salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia saat ini, bahkan di Indonesia sendiri. Lebih dari 2 miliar pengguna di 180+ negara menggunakan aplikasi ini untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga mereka.

Sekarang WhatsApp untuk bisnis juga tersedia untuk percakapan profesional. Salah satu penerima manfaat utama dari langkah Facebook ini adalah industri perbankan dan layanan keuangan. Kita semua tahu, sektor ini biasanya menjadi salah satu yang pertama bereaksi dalam hal meningkatkan pengalaman pelanggan.

Meski beberapa sektor keuangan tidak memenuhi persyaratan dari WhatsApp seperti Peer to Peer Landing, sektor keuangan lainnya seperti perbankan dapat menikmati layanan WhatsApp Business API.

Transformasi Digital Sektor Keuangan dengan WhatsApp Business

Beberapa bank di Indonesia, salah satunya Bank BCA telah menggunakan WhatsApp Business API. Bank BCA mulai melayani nasabahnya melalui WhatsApp Business API

Bagaimana cara kerja perbankan dalam menggunakan WhatsApp Business API?

Langkah awal untuk perbankan untuk memulai WhatsApp adalah mendapatkan persetujuan dari pelanggan. Pelanggan dapat memberikan persetujuan mereka melalui opsi yang berbeda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memberikan panggilan tidak terjawab di nomor WhatsApp bank. Demikian pula, mereka juga dapat mengirim pesan ke nomor yang sama untuk memulai percakapan. Namun yang penting untuk diperhatikan disini adalah nomor WhatsApp akan berbeda dengan nomor phone banking.

Tersedia Layanan Perbankan

Bank menawarkan berbagai layanan perbankan pribadi, corporate, pinjaman, kertu kredit, dll. Meskipun beberapa telah terbiasa secara mandiri via mobile maupun website, masih ada populasi yang signifikan yang lebih suka untuk hadir langsung ke cabang Bank. Dengan WhatsApp menjadi platform perpesanan yang populer dan orang-orang menggunakan setiap hari, maka ini merupakan langkah bagus untuk perbankan dalam hadir melayani nasabah. Nasabah dapat melakukan obrolan dengan bank untuk rincian kartu kredit mereka, deposito, permintaan laporan, pinjaman yang telah disetujui, dll.

Chat Perbankan

Obrolan sebagai saluran telah menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Baik itu obrolan web, obrolan seluler, dan sekarang mengobrol melalui WhatsApp, ini adalah salah satu cara tercepat untuk memastikan resolusi kontak pertama. Dengan diluncurkannya WhatsApp Business API, lembaga keuangan sekarang memiliki peluang besar untuk terlibat dengan pelanggan mereka di platform WhatsApp. Beberapa cara melakukannya adalah:

1. Pemberitahuan Transaksional: Bank dapat menjawab pertanyaan pelanggan yang sederhana dan rutin seperti pertanyaan saldo, mengirimkan pemberitahuan pengingat untuk tagihan kartu kredit, dll.

2. Pembaruan Informasi: Bank juga dapat menggunakan saluran ini untuk mendidik pelanggan tentang layanan baru mereka, atau berbagi dokumen untuk pemecahan masalah. Dengan demikian, menghemat waktu pelanggan dan pejabat bank.

Mengapa Bank dan Lembaga Keuangan Harus Menggunakan WhatsApp Bisnis API

  • Hemat Waktu
  • Hemat Biaya
  • Layanan 24/7
  • Layanan Omni-channel
  • Dukungan Multibahasa
  • Privasi Percakapan Aman

Siap memulai WhatsApp Business? Hubungi Jasnita sekarang, kami membantu Anda meningkatkan pengalaman pelanggan dengan Solusi Omni-Channel WhatsApp Business.

 

Categories: WhatsApp Business API

Tagged as:

JASCLOUD