Menu Home

Fenomena Video Conference & Voice Chat Akibat Pandemi Covid-19

clubhouse, twitter space, instagram live

 

Berawal dari Podcast, yang bahkan sebelum pandemi sudah diminati. Kini hadir yang lainnya dalam bentuk social media seperti Clubhouse, Twitter Space, hingga Instagram live yang telah melakukan update fitur hingga 4 orang dalam waktu bersamaan.

Apakah hal ini akibat pandemi covid-19? Dimana banyak orang tidak dapat berpergian, tidak dapat saling tatap muka secara langsung dan mengobrol. Eksistensi video & voice conference semakin meningkat akibat hadirnya key opinion leader (KOL), serta fitur-fitur pendukung dari masing-masing aplikasi. Clubhouse yang hingga tulisan ini dibuat dianggap sangat ekslusif karna saat ini hanya untuk pengguna IOS saja, sehingga pengguna Android belum dapat merasakan manfaatnya.

Setelah Clubhouse booming, Twitter mengumumkan perilisan fitur live audio chat rooms, untuk pengguna android. Sebelumnya fitur ini hanya dibuka untuk IOS pada Desember 2020.

Aplikasi dengan keanggotaan ekslusif, dimana pengguna dapat berkumpul dalam room virtual dan mendengarkan obrolan langsung mengenai berbagai topik dari para pembicara.

Tidak seperti Clubhouse dan Space yang hanya membutuhkan suara, Instagram Live membutuhkan seseorang untuk mengaktifkan kamera, dimana mereka harus siap di depan kamera tanpa terganggu aktifitas lainnya.

Aplikasi-aplikasi ini secara perlahan mampu merubah cara interaksi seseorang di masa depan. Aplikasi ini merupakan salah satu contoh dari inovasi Disruptif (disruption innovasion). Perkembangan teknologi di era disruptif ini sangat memegang peran panting karena perubahan yang disebabkan oleh adanya penemuan dan inovasi baru itu sangat membutuhkan teknologi informasi dalam pengembangannya.

Saat ini sebagian besar bisnis sudah beralih ke platform media digital. Perusahaan yang maju adalah perusahaan yang mampu beradaptasi dengan perubahan gaya konsumtif masyarakat, serta bersiap-siap terhadap perubahan yang akan datang.

Lalu bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan Clubhouse, Space, dan Instagram Live, maupun lainnya untuk meningkatkan eksistensi merek dan meningkatkan penjualan?

Categories: Uncategorized

Tagged as:

JASCLOUD