Menu Home

Cara Mendaftar Akun WhatsApp Business API

WhatsApp Business API

Akun WhatsApp Business harus telah disetujui oleh WhatsApp terlebih dahulu. Persetujuan tersebut ditangani oleh Mitra WhatsApp. 

Apa yang harus dilakukan untuk mengajukan akun? 

Untuk dapat mengajukan akun WhatsApp, terdapat tiga langkah penting yang harus diterapkan. Di antaranya adalah  seperti memilih mitra WhatsApp, memberikan informasi perusahaan, dan mengaktifkan nomor pelanggan.

Memilih Mitra WhatsApp

Sebelum memilih mitra WhatsApp, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan seperti pengajuan pertanyaan berikut ini.

  1. Dapatkah perusahaan melakukan porting nomor telepon pelanggan atau memberikan nomor di negara yang diinginkan?
  2. Apakah harga yang di patokkan sesuai dengan volume pemesanan pelanggan?
  3. Apakah perusahaan mendukung semua fungsi WhatsApp Business API yang dibutuhkan?

Memberikan Informasi Perusahaan

Ini akan tergantung pada mitra, tetapi secara umum, perusahaan harus mengirimkan paket informasi dasar tentang perusahaan seperti nama perusahaan, alamat situs web, industri, wilayah beroperasi, negara kantor pusat berada, dan ID manajer bisnis Facebook. 

Jika perusahaan belum melakukannya, pihak perusahaan harus memverifikasi bisnis yang tengah ditangani di Facebook dengan mengunggah dokumen resmi yang membuktikan pendaftaran bisnis. Dokumen-dokumen tersebut harus menunjukkan nama resmi perusahaan, alamat surat resmi, atau nomor telepon perusahaan.

Setelah perusahaan memiliki ID Manajer Bisnis Facebook dan diverifikasi oleh Facebook Business, perusahaan dapat mengirimkan informasi ke WhatsApp. Proses persetujuan akun WhatsApp memakan waktu selama 3 hingga 14 hari tergantung pada mitra.

Mengaktifkan Nomor Bisnis

Setelah merek perusahaan disetujui oleh WhatsApp, sekarang saatnya menambahkan nomor telepon untuk akun Anda.

Pilih nomor yang diinginkan dengan hati-hati karena perusahaan tidak akan dapat mengubahnya nanti. Untuk nomor yang tersedia, Mitra WhatsApp mungkin dapat mem-porting nomor bagi perusahaan terkait. Untuk nomor baru, beberapa Mitra WhatsApp akan menjual nomor kepada perusahaan terkait meskipun tidak semua mitra memberikan angka di semua negara.

Setelah nomor diaktifkan, perusahaan terkait dapat melanjutkan dan menghubungkannya ke CRM pilihan pribadi.

Trik Khusus Mendapatkan Akun Bisnis WhatsApp Terverifikasi

Akun Bisnis WhatsApp tanpa tanda centang tidak akan menampilkan nama bisnis pada kontak. Hanya tersedia nomor telepon perusahaan terkait. Pelanggan hanya akan memerlukan Akun Bisnis WhatsApp Resmi untuk menunjukkan nama bisnis yang sedang ditangani saat ini.

Setelah mendapatkan verifikasi, akan ada tanda centang hijau di sebelah nama tampilan perusahaan dan nama bisnis akan terlihat bahkan jika pengguna belum menambahkan nomor perusahaan ke buku alamat mereka.

Secara umum, tingkat persetujuan untuk merek lokal yang masih merintis tergolong sangat rendah. WhatsApp hanya benar-benar memverifikasi merek besar seperti Coca-Cola, Nike, dan lainnya. Sayangnya, bisnis tidak diperkenankan untuk membayar ekstra agar mendapatkan akun terverifikasi. 

Tidak ada proses resmi untuk verifikasi, jadi perusahaan terkait harus menghubungi mitra WhatsApp untuk melihat apakah mereka dapat membantu hal tersebut.

Pada dasarnya seluruh proses akan ditangani oleh mitra WhatsApp, dimana perusahaan pemohon memberikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Aktifkan WhatsApp Business Verified Anda dengan menghubungi Tim Jasnita.

Categories: WhatsApp Business API

Tagged as:

JASCLOUD