Menu Home

Memilih Platform Pemasaran dan Mengukur Kesuksesan: Pemasaran Digital Terbaik Untuk Bisnis Online

Berapa Banyak Platform yang Anda Butuhkan?

Mempertimbangkan pilihan yang tersedia untuk memasarkan bisnis Anda secara online. periklanan tradisional sebagian besar terbatas pada televisi, radio, dan media cetak. Tetapi secara online, kemungkinannya tampak tidak terbatas.

Jumlah platform yang Anda pilih untuk fokus upaya pemasaran Anda bermuara pada dua hal: pelanggan dan anggaran Anda. Semua kembali ke pelanggan. Investasikan uang Anda di platform yang digunakan pelanggan Anda. Saat pelanggan menemukan Anda, arahkan lalu lintas kembali ke situs web Anda untuk mendapatkan prospek baru dan menjual produk atau layanan Anda.

Anda perlu mempertimbangkan anggaran pemasaran Anda. Anda dapat fokus pada beberapa platform dan kembangkan seiring pertumbuhan bisnis Anda.

Jika Anda memiliki waktu dan dana yang lebih, Anda dapat berada dimanapun pelanggan Anda berada. Namun lebih baik terlihat jelas dibeberapa tempat daripada jarang terlihat di semua tempat. Bisnis online memerlukan situs web yang bagus, pilih satu atau dua platform tambahan untuk memulai.

Social Media

Separuh populasi dunia ada di Facebook. Tapi begitu menjadi perusahaan publik, membayar iklan menjadi cara terbaik untuk diperhatikan di Faccebook, bahkan jika Anda sudah memiliki basis penggemar. Membangun audiens secara organik (gratis) masih memungkinkan, tetap membutuhkan lebih banyak pekerjaan dan konten yang lebih segar.

Linkedin dan situs media sosial visual seperti Pinterest dan Instagram (sekarang dimiliki oleh Facebook) sangat cocok uttuk perusahaan e-niaga dan wirausahawan kreatif. Melakukan promosi iklan instagram sangat cocok untuk perusahaan di bidang mode dan fotografi, tetapi orang lain juga dapat memanfaatkannya.

KPI

Ada beberapa indikator kinerja utama (KPI) yang harus Anda ukur saat melacak kesuksesan pemasaran media sosial Anda. Perhatian utama Anda haruslah keterlibatan – jika Anda memiliki jangkauan yang luas tetapi keterlibatan yang terbatas, itu pertanda yang mengganggu yang bahwa pesan pemasaran Anda tidak beresonansi. Ini dapat diukur dengan klik, suka, bagikan, dan komentar.

Anda juga ingin mengetahui potensi jangkauan Anda. Berapa banyak pelanggan yang benar-benar melihat iklan Anda? Seberapa terlihat merek Anda dibandingkan dengan merek lain? Cara mengukur KPI ini antara lain impresi, data lalu lintas, dan jumlah pengikut. 

Website / SEO

Apa pun platform yang Anda pilih, situs web Anda sangat penting untuk pemasaran online Anda. Buat program pemasaran Anda dengan situs web dan pemasaran email sebagai jangkar. Anda harus mengoptimalkan situs Anda untuk menangkap prospek dengan membuat keikutsertaan yang memberi Anda izin untuk mengirim email kepada calon pelanggan. Ada berbagai alat pihak ketiga yang memungkinkan Anda menangkap email, memantau perilaku, dan membuat kampanye otomatis.

SEO (pengoptimalan mesin telusur) adalah proses untuk memastikan konten dan situs web Anda secara umum muncul di bagian atas hasil mesin telusur sehingga calon pengguna dapat menemukan Anda. Pendekatan SEO konten melibatkan penataan konten dan salinan situs web Anda dengan benar, dan menatanya dengan benar. Sebagai gambaran singkat, ini melibatkan pemilihan tag judul yang sesuai, memasukkan deskripsi meta yang menarik, dan menggunakan kata kunci dan frase penting di hyperlink.

SEO teknis, di sisi lain, melibatkan penataan dan pengkodean situs web Anda yang sebenarnya. Sewa pembuat kode yang kompeten untuk memastikan bahwa situs web Anda berfungsi penuh dan akan mengesankan pengunjung. Tingkatkan peta situs XML Anda, alihkan 404 halaman, dan buat situs web Anda memuat lebih cepat.

KPIs

Mengukur keberhasilan SEO Anda adalah perusahaan yang memiliki banyak aspek. Beberapa KPI paling langsung adalah indikator seperti peringkat kata kunci, atau tempat Anda memberi peringkat saat kata kunci tertentu dicari. KPI lainnya mencakup rasio klik-tayang kata kunci dan keseluruhan kekuatan otoritas domain Anda. Tingkat konversi Anda jelas penting, tetapi SEO adalah permainan penentuan posisi jangka panjang.

Faktor penting lainnya yang harus kami sentuh adalah akuisisi backlink Anda. Akuisisi backlink adalah salah satu metrik paling penting yang menentukan peringkat SEO. Apa itu backlink, Anda bertanya? Ini adalah saat situs web lain menautkan kembali ke konten Anda. Lacak backlink Anda secara aktif dan fokus untuk menciptakan lebih banyak dengan kampanye pemasaran Anda.

Online Ads/PPC

Ingat iklan spanduk persegi panjang itu ketika internet masih dalam masa pertumbuhan? Itulah contoh awal iklan online yang menggunakan model Pay-Per-Click (PPC). Dan meskipun mereka tumbuh lebih canggih, mereka tetap beroperasi dengan prinsip yang sama.

Pengiklan hanya membayar untuk klik yang diterima pada iklan yang ditempatkan di berbagai tempat secara online. Google Adwords adalah pemain dominan di ruang iklan PPC saat ini. Harga bervariasi tergantung pada persaingan dalam kata kunci yang Anda pilih.

Format iklan online tidak lagi diturunkan menjadi persegi panjang yang jelek. Animasi dan video sekarang menjadi bagian rutin dari iklan online, dan jenis iklan yang berbeda memiliki ukuran dan resolusi gambar yang lebih disukai. 

KPI

Melacak kinerja Anda dengan iklan PPC kurang holistik dibandingkan di media sosial. Di sini, Anda cukup menghitung dan memodifikasi iklan seperlunya untuk meningkatkan KPI Anda. Ada beberapa KPI utama yang ingin Anda pantau: yang pertama hanyalah klik Anda, ukuran mentah dari berapa banyak orang yang mengklik iklan tertentu.

Dari sana, Anda ingin melacak tayangan Anda (berapa banyak orang yang melihat iklan Anda) dan kemudian mencari tahu rasio klik-tayang (RKT) Anda. KPI ini dihitung dengan membagi klik total Anda dengan tayangan iklan Anda. Namun untuk penjualan, salah satu KPI terpenting adalah rasio konversi Anda, atau persentase unduhan atau pembelian yang dihasilkan iklan Anda.

Email Marketing

Mengumpulkan alamat email dan membuat daftar email harus menjadi prioritas pertama Anda saat memulai strategi pemasaran Anda. Ada banyak platform untuk mengoptimalkan jangkauan pemasaran email Anda, banyak di antaranya akan kami bahas di bagian selanjutnya. Mailchimp gratis hingga 2.000 alamat email, dan solusi otomatisasi pemasaran yang lebih canggih.

Pemasaran email tampaknya lebih mudah karena Anda dapat menjangkau konsumen secara langsung, tetapi tingkat terbuka untuk apa yang dianggap beberapa orang sebagai email “spam” cukup rendah. Untuk terlibat dengan pelanggan dan meningkatkan konversi, Anda harus memantau KPI email Anda dengan cermat.

KPI

Metrik seperti rasio klik-tayang dan rasio konversi Anda jelas penting untuk dilacak saat menangani pemasaran email. Tetapi ada beberapa KPI lebih lanjut yang tidak hanya akan membantu Anda mengasah olahpesan, tetapi juga meningkatkan kekuatan milis Anda yang sebenarnya. Setelah KPI tersebut adalah rasio pentalan Anda, atau persentase email yang Anda kirim yang tidak berhasil mencapai kotak masuk penerima. Seberapa jauh pesan Anda sebenarnya?

Juga pantau tingkat pertumbuhan daftar Anda. Idealnya, daftar email Anda akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan jangkauan dan basis pelanggan Anda. Daftar menyusut adalah resep bencana. 

 

Dengan Semua ini bagaimana Anda menanggapi pelanggan setelah kampanye pemasaran Anda berhasil?
Anda dapat menggunakan Omnichannel Jasnita untuk membantu Anda menjawab semua kebutuhan pelanggan Anda, secara efektif dan efisien.

Tim kami akan membantu Anda memperoleh layanan yang paling tepat untuk Anda.

Categories: JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD