Menu Home

Boleh dan Tidak Boleh Anda Lakukan di WhatsApp Business API

Menggunakan WhatsApp Business API tidaklah sulit. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukannya yang akan membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Dengan cara ini, Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan WhatsApp terbaik kepada pelanggan Anda. Berikut ini hal-hal yang wajib diperhatikan dan tidak boleh diabaikan di WhatsApp Business API.

Manfaat menggunakan WhatsApp untuk bisnis kecil hingga besar bahkan tidak terbatas sekelas perusahaan unicorn. Karena semakin banyak konsumen berbelanja online dan mulai menggunakan Whatsapp sekalipun banyak isu miring, hal ini tidak mengurangi eksistensi whatsapp. Memberikan banyak opsi untuk konsumen berkomunikasi dengan merek Anda melalui aplikasi perpesanan paling populer di dunia telah menjadi hal yang sangat penting.

LAKUKAN INI :

Buat CTA WhatsApp di Website dan Social Media.

Konsumen tidak akan menghubungi Anda melalui WhatsApp jika tidak tau kemana. Mengetik nomor satu-persatu sulit bagi sebagaian orang karena berbagai macam alasan. Akan jauh lebih memudahkan jika Anda membuat CTA atau hiperlink yang dapat diakses dengan hanya 1 klik dan langsung terhubung ke nomor whatsapp business Anda.

Memiliki akses ke WhatsApp Business API, yang dapat Anda peroleh melalui WhatsApp Business Solution Provider (BSP), membuka kemungkinan dunia untuk pemasaran WhatsApp dan layanan pelanggan.

Manfaat terbesar dari semuanya adalah memungkinkan Anda melacak dan mengumpulkan informasi tentang komunikasi WhatsApp Anda. Anda dapat mengukur trafik, tingkat respons, dan banyak hal yang dapat digunakan untuk analisis pemasaran Anda. Memahami bagaimana komunikasi bisnis Anda dapat meningkat dengan WhatsApp Business API.

Integrasikan dengan CRM

Mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan CRM yang Anda gunakan, akan membantu Anda dalam melakukan Lead Generation dan Lead Qualification. Integrasi ini juga mendukung Customer Based Oriented. Meningkatkan pengalaman pelanggan serta loyalitas pelanggan pada perusahaan.

Mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan CRM mampu meningkatkan performa sales dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Sales dapat melakukan pendekatan lebih pada pelanggan dengan tingkat penjualan khusus. Hal ini tentunya juga akan mempegnaruhi loyalitas pelanggan ke perusahaan. Serta mampu meningkatkan produktivitas bisnis.
Perusahaan dapat membangun sistem layanan dukungan pelanggan yang lebih kuat seperti omnicannel, contact center, email, pada 1 platform.

Buat Pesan Template

Sistem perpesanan WhatsApp Business API dirancang untuk perusahaan afar mudah mengakses pelanggan mereka melalui channel yang sudah dipilih. Dengan pesan template, memudahkan agent mengirimkan pesan dengan kriteria-kriteria khusus maupun trigger khusus yang telah disiapkan sebelumnya. Anda dapat membuat layanan 24 jam dengan WhatsApp Business API.

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan masal menggunakan template pesan. Pesan akan dikirimkan ke banyak kontak tanpa batasan jumlah perharinya. Jika WhatsApp Business API Anda telah terintegrasi dengan CRM, Anda dapat mengirimkannya berdasarkan kriteria pelanggan tertentu, seperti wilayah, umur, tingkat penjualan, dan sebagainya.

Verification Akun WhatsApp Business

Tidak kalah penting, meningkatkan eksistensi merek Anda dengan WhatsApp Business API yang telah terverified dengan check mark hijau. Facebook akan melakukan seleksi ketat sebelum memberikan verifikasi ini. Proses verifikasi akan dilakukan melalui WhatsApp Official Partner. Pastikan Anda melakukan verifikasi terhadap brand Anda. Pelanggan akan jauh merasa  lebih aman jika mereka yakin bahwa mereka telah berkomunikasi di nomor yang tepat. Menghindari penipuan menjadi hal utama. Mereka juga akan lebih yakin bahwa merek Anda tidak akan mengecewakan mereka.

Jangan Lakukan ini:

Mengabaikan Pedoman Bisnis WhatsApp

Setelah melakukan beberapa langkah, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di WhatsApp Business API.

Tidak mengabaikan pedoman kebijakan bisnis WhatsApp adalah hal yang mendasar. Jika kita sering melewati bagian panjang mengenai peraturan dan langsung menekan tombol ‘saya setuju’, makan hal ini tidak boleh dilakukan. Baca semua panduan yang telah diberikan, pastikan Anda telah mengerti betul. Karena akan sia-sia jika Anda telah menerapkan WhatsApp di situs Anda, namun tidak mematuhi pedoman yang ditetapkan WhatsApp untuk akun bisnis Anda.

Hal tersebut dapat berpotensi mengurangi akses ke layanan bisnis WhatsApp Anda, atau yang lebih buruk, dilarang menggunakan sepenuhnya. Jika Anda belum yakin dengan pedomannya, Anda dapat membacanya berulang kali dan menanyakannya kepada Partner WhatsApp Anda.

Mengirim Pesan Masal Bersifat Iklan

WhatsApp sangat melarang hal ini. Mereka tidak akan mengubah ruang obrolan WhatsApp menjadi seperti situs yang dipenuhi banyak iklan. Template pesan akan melalui proses persetujuan pihak WhatsApp. Pastikan Anda tidak mencobanya karna akan memberikan penilaian buruk kepada merek Anda di mata WhatsApp. Percuma mencoba sesuatu yang kita sudah tahu hal tersebut tidak akan disetujui. Pastikan juga Anda tidak mengirimkan pesan-pesan yang tidak relevan, hal ini akan memancing pengguna melakukan report terhadap akun WhatsApp Bisnis Anda, yang berakibat pemblokiran dari pihak WhatsApp.

Mengabaikan Pesan Masuk

Penting untuk merespon semua pesan masuk, baik di jam kerja maupun di luar jam kerja. Anda dapat memasang template pesan untuk dikirimkan otomatis saat diluar jam kerja. Untuk memastikan mereka akan menghubungi Anda kembali di jam kerja. Pesan yang masuk hanya dapat direspon dalam kurun waktu 24 jam. Jika Anda mengabaikannya, maka Anda akan kehilangan 1 lead, yang sangat amat disayangkan.

Anda juga dapat memasang chatbot untuk membantu  Anda dalam memberikan layanan dukungan WhatsApp 24 jam.

Tidak Melengkapi Profil WhatsApp Business.

Pelanggan selalu memastikan pesan yang mereka kirim ditujukan pada orang/perusahaan yang tepat. Pelanggan akan memeriksa profil WhatsApp Business Anda. Pastikan Anda mengisi setiap bidangnya mulai dari jam kerja, dan alamat hingga deskripsi.

Pelanggan Anda tidak perlu lagi bertanya jika mereka dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan secara mandiri.

Selain itu, perusahaan Facebook akan terus berupaya meningkatkan dan memperluas fitur WhatsApp Business API. Pengembangan seperti fitur belanja, yang memudahkan pelanggan melakukan pemesanan hingga pembayaran tanpa beralih aplikasi.

Isi semua informasi yang berguna sehingga Anda dapat mempertahankan pelanggan seperti yang Anda inginkan sehingga Anda dapat fokus pada pembelian pada produk Anda.

JASNITA telah menjadi WhatsApp Official Partner, yang siap membantu Anda memperoleh layanan WhatsApp yang maksimal. Hubungi tim kami untuk memperoleh informasi lebih lengkap.

 

 

 

 

Categories: WhatsApp Business API

Tagged as:

JASCLOUD