Menu Home

Biaya SIP Trunk vs Hosted VoIP

Melakukan upgrade ke VoIP adalah keputusan utama bagi sebagian besar bisnis. Beberapa beralasan untuk penghematan biaya. Lainnya menginginkan kemampuan berasa di luar sistem alanog. Namun, apapun alasannya, VoIP menjadi alasan utama bagi Anda untuk beralih ke sistem telepon kelas bisnis baru yang akan semakin berkembang ke depannya, dan tidak selamanya Anda dapat bertahan dengan sistem telepon tradisional.

SIP Trunk vs Hosted VoIP
Hal ini adalah keputusan yang harus Anda tetapkan sebelum memutusakan hal lainnya. Terkait sistem telepon baru Anda. Industri VoIP dipenuhi dengan banyak jargon. Hampir semua orang yang tidak memiliki latar belakang teknis akan kesulitan untuk memahaminya. Sebelum kita menyelami untuk membandingkan biaya, Anda perlu paham beberapa istilahnya.

SIP Trunk adalah cara untuk menghubungkan IP-PBX lokal Anda ke PSTN melalui Penyedia Layanan Telepon Internet (ITSP). Merupakan koneksi virtual antara sitem telepon Anda dan penyedia layanan.

Hosted VoIP menggabungkan fitur PBX dengan kemampuan melakukan panggilan. Penyedia layanan Anda menangani semua perangkat keras dan perangkat lunak ayang diperlukan untuk sistem telepon. Anda hanya membutuhkan koneksi Internet dan telpon yang kompatibel dengan VoIP (IP Phone, Smartphone, Laptop/PC).

Bagaimana dengan Biaya?
Terdapat perbedaan yang signifikan antara kebua solusi tersebut, baik dari segi biaya maupun aspek non-keuangan. Bergantung pada keadaan bisnis khusus Anda, satu opsi mungkin lebih baik daripada yang lain. Anda perlu fokus pada biaya setiap solusi.

Beban Modal
Dalam pembelanjaan modal biasanya mencakup perangkat keras, lisensi perangkat lunak, biaya penyimpanan, dll.

Menerapkan SIP trunk biasanya membutuhkan ini,
IP PBX (jika belum ada)
Gateway VoIP untuk PBX analog Anda (jika ini yang dimiliki)
Siapkan biaya layanan trunking SIP
Handset yang kompatibel dengan VoIP
Peralatan jaringan seperti router
Koneksi Internet berkecepatan tinggi

Perangkat keras dan biaya penyapan jauh lebih tinggi untuk SIP Trunk.

Biaya Operasional
Ini merupakan tagihan yang akan dikeluarkan secara berkala, setidaknya setiap bulan. Tagihan bulanan untuk VoIP yang di hosting bergantung pada sejumlah faktor. Penyedia dapat mengenakan biaya berdasarkan jumlah concurrent call, detik panggilan, dan atau fitur lainnya. Karena sifatnya yang OPEX, Anda dapat memilih fitur yang pasti Anda gunakan dan Anda hanya membayarkan untuk fitur tersebut, hal ini dapat Anda sesuaikan dengan kondisi. Dengan pilihan yang tepat, Anda dapat membayar lebih sedikit dengan Hosted VoIP.

Biaya Tenaga Kerja
Hosted VoIP tidak memerlukan banyak pemeliharaan di sisi Anda. Terlepas dari menetapkan nomor, berpindah jalur, atau menghapus pengguna, tidak banyak yang akan dilakukan. Artinya, departemen IT Anda tidak perlu membuang waktu untuk memecahkan masalah umum setiap harinya. Memerikan waktu luang untuk fokus pada masalah yang lebih penting.

Dengan SIP Trunk Anda membutuhkan profesional yang tidak hanya untuk pengaturan awal saja. Memiliki PBX di tempat memberikan Anda kendali lebih. Tetapi itu juga berarti mengonfigurasi fitur baru dan memelihara sistem juga bergantung Tim IT. Beberapa perusahaan sudah memiliki pakar VoIP di tim mereka, atau harus memperkerjakan staf tambahan.

Biaya & ROI
Terdapat perbedaan biaya antara kedua alternatif, yang paling umum dan tidak signifikan. Sejauh yang nampak, hosted VoIP menang di atas SIP Trunk, setidaknya pada harga. Jadi mengapa perusahaan lebih memilih SIP Trunk?

Hal utama yang perlu diingat adalah berinvestasi dalam SIP Trunk dan PBX di lokasi persis seperti yang diimplementasikan. Bukan hanya biaya. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah laba atas investasi Anda. Penerapan SIP Trunnk menghasilkan ROI Positif dalam jangka panjang.

Terdapat perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat Anda putuskan kapan harus ditingkatkan atau tidak. Memiliki kendali penuh terhadap penerapan fitur baru, keamanan dan penyesuaian. Organisasi yang lebih besar cenderung memiliki persyaratan yang lebih bervariasi, membutuhkan keamanan yang lebih baik, dan memiliki akses ke profesional. Untuk Anda dengan bisnis besar yang mampu membeli investasi, tidakada alternatif lain sebaik SIP Trunk.

Tertarik untu beralih ke SIP Trunk?

Categories: JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD