Menu Home

Hybrid Working

Jika dulu bekerja dari 8 jam dari pagi hingga sore di kantor, kini terdapat era baru yakni, hybrid working.

Sejak hadirnya covid-19, mewajibkan seluruh orang melakukan social distancing. Banyak perusahaan menerapkan work from home.

Hybrid working mencakup pada kebebasan di mana karyawan harus bekerja. Karyawan dapat menyesuaikan untuk bekerja di kantor maupun di luar kantor. Penggabungan bekerja dari kantor dengan luar kantor inilah yang menjadi konsep hybrid working.

Para ahli memprediksi bahwa hybrid working akan semakin diterapkan untuk beberapa tahun kedepan.

Perusahaan memberikan keleluasaan kepada karyawan untuk bekerja dimana saja, dan tidak terpaku pada jam bekerja, lebih kepada durasi bekerja.

Konsep hybrid working sudah ada sejak lama, namun semakin populer sejak pandemi Covid-19.

Perusahaan akan menentukan hari-hari tertentu dimana karyawan wajib untuk masuk kantor, hal ini lebih kepada rapat atau kegiatan mentoring, atau hal-hal yang memang diperlukan kehadiran karyawan di kantor.

Hybrid working tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya terletak pada fleksibilitas yang di rasakan karawan. Karyawan memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga. Waktu tempuh ke kantor sangat berkurang. Karyawan dapat menentukan waktu kerja untuk lebih produktif.

Meski beberapa perusahaan tetap menentukan jam kerja untuk memudahkan temu dan komunikasi antar karyawan.

Hybrid working membantu karyawan untuk memiliki work life balance. Kesejahteraan karyawan lebih terjaga. Sehingga mampu meningkatkan produktifitas bagi perusahaan.

Dari segi perusahaan, tentunya mengurangi biaya operasional perusahaan. Bagi perusahaan startup tentu jauh lebih bermanfaat dalam penerapan hybrid working.

Kekurangan dari hybrid working, diperlukan komunikasi yang lebih intens bagi sesama karyawan, karena berkurangnya sesi tatap muka. Komunikasi menjadi tantangan pada hybrid working.

Namun hal ini dapat diminimalisir dengan penggunaan fasilitas-fasilitas pendukung. Seperti Voice maupun Video Conference. Ada baiknya untuk mengurangi chat untuk hal-hal yang krusial, agar mengurangi miskomunikasi dalam tim.

Jasnita telah mendukung banyak perusahaan dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Solusi yang dapat digunakan di berbagai tempat di waktu kapanpun. Selain itu, tools yang digunakan sangat mudah, sehingga karyawan dapat cepat beradaptasi. Terlebih lagi, komunikasi internal juga bebas biaya. Biaya operasional semakin hemat, profesionalitas, efektifitas dan efisiensi juga tetap terjaga.

Komunikasi Awan Jasnita, seperti VoIP dan Omnichannel hadir untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masa depan perusahaan. Perusahaan di harapkan bertumbuh seiring perkembangan teknologi dan komunikasi. Teknologi kami mampu menyesuaikan perubahan-perubahan yang ada pada perusahaan seperti budaya bekerja yang seringkali berubah di saat ini, sehingga visi dan misi perusahaan dapat tercapai.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim kami di 021-2856 5288 atau mengisi form di bawah ini;

Categories: JasCloud

Tagged as:

JASCLOUD